Tutorial | Bisnis | Finance

Wednesday, December 11, 2019

Tips dan Trik Mengelola Keuangan yang Benar

| Wednesday, December 11, 2019

Tips dan Trik Mengelola Keuangan yang Benar

Kebanyakan orang–orang diluar sana biasanya pasti akan menghabiskan uang yang mereka hasilkan secara foya-foya dan tidak terkontrol pada awal bulan tiba, dan mereka akan mulai berhemat pada saat akhir bulan tiba. Pada saat akhir bulan, pengeluaran pastilah akan berusaha sangat di hemat dan ditekan karena uang hasil dari gajihan yang diterima mungkin saja sudah habis pada saat berada di akhir bulan. 

Apakah kalian sedang mengalami atau bahskan sering sekali terjadi pada kalian? Jika itu ya, pastinya hal tersebut sangatlah tidak nyaman-kan? kalian harus menunggu sangat lama sampai awal bulan tiba jika kalian ingin melakukan sesuatu atau membeli sesuatu, hal ini pastinya,kalian tentu tidak ingin terus-menerus merasakan hal seperti ini. 

Nah, untuk menghindari hal seperti ini terjadi, berikut adalah tips untuk kalian untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar agar kalian tidak pernah merasa kan kehabisan uang pada akhir bulan tiba.

1.      Buatlah Catatan Pendapatan dan Pengeluaran
Meski hal ini tmerupakan terkesan hal yang simpel untuk kalian lakukan, akan tetapi pada kenyataannya bahwa tidak banyak orang yang bersungguh-sungguh membuat budget untuk mengatur keuangan mereka secara baik. Alangkah baik nya kalian mencoba untuk menerapkan hal ini agar dapay mengatur budget uang yang kalian dapatkan dan nantinya akan kalian keluarkan.
Membuat catatanjuga  pendapatan dan pengeluaran kalian bisa lakukan dengan membuat sebuah pembukuan yang sederhana. Kalau kalian tidak mau repot bisa saja kalian menggunakan  aplikasi untuk pengatur keuangan di smartphone.

2.      Manfaatkan Diskon dan Promo
Kalian juga bisa memanfaatkan setiap diskon yang udah diberikan oleh berbagai tipe produk yang dijual dipasaran. Agar dapat mengetahui produk apakah yang sedang dalam program diskon, kalian dapat mengunduh beberapa aplikasi agar kalian dapat mengetahui produk apa saja yang sedang diskon pada saat itu.

3.      Menambung
Tips mengelola keuangan selanjutnya kalian harus membiasakan diri untuk memulai menabung, memang kebiasaan ini perlu dipupuk sejak dini. Akan tetapi tidak ada kata untuk terlambat buat kaalian yang tidak terbiasa dengan kebiasaan ini. Walaupun recehan yang kalian sisihkan kalau rajin ditabung akan menjadi segunung lho Mulailah kalian untuk menyisihkan sebagian kecil dari keuangan mu untuk hal ini. Ini juga sangat penting sekali buat dana cadangan atau pun dana untuk masa depan kalian.

4.      Hindari Pengeuaran yang Tidak Perlu
Sering sekali kalian pasti telat untuk bayar tagihan dan pastinya kalian akan kena denda, dengan memakai jasa calo, tau pun kalian sedang melanggar lalu lintas yang berujung kena tilang. Biaya yang tidak perlu ini sering kali kalian sepelekan karena merasa gaji sudah lumayan. Kalau kalian tidak disiplin dalam hal kayak gini bagaimana kalian bisa mengelola keuangan dengan baik.

5.      Memiliki Target
Dengan memasang target dalam hidup kalian akan memiliki kehidupan yang jauh lebih baik lagi. Misalnya saja, pada saat kalian sudah menginjak usia 30 tahuan kalian harus sudah memiliki rumah. Di usia 35 tahun kalian harus memiliki usaha sendiri. Pasanglah target apapun itu asal masih dalam ranah yang posi. Bisa saja karir, keuangan atau pun dengan bisnis Tapi kalian jangan cuma pasang target yang kosong. Pegang teguh lah semua target itu dan juga kalian harus berusaha untuk memenuhinya.

Related Posts

No comments:

Post a Comment